Senin, 20 Agustus 2012

TOPOLOGI JARINGAN

sumber : zoeexel.wordpress.com
Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur. Unsur-unsur di sini maksudnya adalah node, link, station.Topologi adalah suatu hal yang menjelaskan struktur dari sebuah jaringan komputer melalui sebuah media. Macam-macam topologi jaringan ada 5 macam, yaitu: star, mesh, tree, bus, dan ring.
  • Topologi Star(Bintang)
Jaringan ini berbentuk bintang. Pada topologi, jaringan ini biasanya komputer berpusat pada satu titik, yaitu sebuah alat yang disebut concentrator yang        bisa berupa hub atau switch. Berikut ini adalah contoh gambar topologi jaringan star.

Kelebihan topologi jaringan ini adalah keamanannya tinggi dan tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk serta jika terjadi kegagalan komunikasi akan   mudah diketahui. Sementara kekurangannya adalah jika komputer pusat rusak, maka komputer lain akan ikut rusak. Lalu, jika memakai hub, semakin             banyak komputer akan semakin lambat.
  • Topologi Ring(Cincin)
    Topologi ini biasanya berbentuk linkaran seperti cincin. Topologi ini tidak memiliki pusat. Pada topologi ini, data-data akan mengalir melalui simpul yang menuju tempat jaringan tree. Berikut ini adalah contoh gambar topologi ring.

  • Topologi Tree(Pohon)
    Topologi pohon adalah pengembangan dari topologi bus. Pada topologi jaringan ini, pusat yang lebih tinggi dapat mengatur simpul lain. Dalam jaringan ini, data yang dikirim harus melalui simpul pusat. Berikut ini adalah contoh gambar topologi tree.
topologi tree
Kelebihan jaringan ini adalah dapat dibentuk kelompok yang dibutuhkan. Dan kekurangannya adalah kecepatan lalu lintas jaringan lambat.
  • Topologi Bus
    Pada jaringan ini setiap perangkat terhubung dengan perangkat lain. Berikut ini adalah contoh gambar topologi bus.
topologi bus
Kelebihan dari jaringan ini adalah biayanya relatif murah dan kerusakan satu komputer client tidak akan memengaruhi komunikasi antar client lain.               Dan kekurangannya adalah jika kabel utama putus maka komunikasi gagal dan jaringan ini memiliki kecepatan yang lambat.
  • Topologi Mesh(Tak beraturan)
    Topologi ini memiliki bentuk yang tidak beraturan karena tidak adanya perencanaan awal ketika membangun jaringan.
topologi mesh
Kekurangan jaringan ini adalah kegagalan komunikasi akan sulit terdeteksi dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar